Minggu, 19 April 2015

Passive Voice



Passive Voice

Passive voice adalah suatu grammatical construction (bentuk gramatikal) dimana subject kalimat tidak melakukan aksi, melainkan menerima aksi atau ditindak lanjuti (receiver of action) oleh agent lain (doer of action) baik disebutkan ataupun tidak.  Sebaliknya, pada konstruksi active, subject berhubungan langsung dengan verb dengan bertindak sebagai pelaku aksi. Kalimat aktif dapat ditransformasi menjadi pasif, namun hanya transitive verb (diikuti direct object) yang dapat diberlakukan demikian.
Rumus Passive Voice
Rumus passive voice adalah sebagai berikut di bawah ini.

Jika kita ingin membuat kalimat pasif dalam simple present tense, kita memerlukan is, am, are. Berikut ini rumus untuk membuat kalimat pasif dalam simple present tense:
Positif : Subjek + is/am/are + past participle/V3
Negatif : Subjek + is/am/are + Not + Past Participle
Pertanyaan : is/am/are + Subjek + Past Participle
Ciri-ciri :
1. Subjeknya sebagai penderita.
2. Arti dari kata kerjanya berawalan di-, ter-, atau ,ter-kan.
3. Kalimat pasif dalam bahasa Inggris selalu memakai kata kerja bentuk ke-3/past participle.

 
1.      Kalimat pasif dalam simple past tense 

Dalam kalimat positif
Pasif : Pasif : SUB. + WAS / WERE + VERB 3 + BP + ADVERB
Example: 

  • His parent’s car was stolen by the thief last night 


     Dalam kalimat negatif
     Pasif : SUB. + WAS / WERE NOT + V3 + BP + ADVERB 
      Examples: 
  • His parent’s car was not stolen by the thief last night


    Dalam kalimat tanya (yes/no question)
     Pasif: Q.WOR + WAS / WERE + SUB. + V3 + BP + ADVERB ?
    Example:
  •  Was his parent’s car stolen by the thief last night?


2.      Kalimat pasif dalam simple present tense
Dalam kalimat positif Pasif : SUB. + IS/ARE/AM + VERB 3 + BP + ADVERB 
Examples :

  • The motorcyle  is washed by him once a week.

Dalam kalimat negatif                                                                                                                Pasif : SUB. + IS/ARE/AM NOT + V3 + BP + ADVERB                                                           Examples:

  •  Maher does not type the reports every day.

 Dalam kalimat tanya (yes/no question)
Pasif : IS/ARE/AM + SUB. + V3 + BP + ADVERB ?
Examples :  Is the house pointed by him once a year ?






3.      Kalimat pasif dalam present future tense 
Dalam kalimat positif
Pasif : SUB + WILL / MODAL + BE + V3 + BP +ADVERB
Example:

  •  You will be given a writing assignment in Japanese tomorrow.
  • The test can be done by her in an hour.


Dalam kalimat negatif
Pasif : SUB + WILL / MODAL NOT + BE + V3 + BP + ADVERB
Example:
  • They will not be met by him next Sunday at Tebet.
  • The crops shall not be harvested by the farmers next month


Dalam kalimat tanya (yes/no question)
Pasif : WILL / MODAL + SUB + BE + V3 + BP + ADVERB
Examples :

  • Will the dictionary be brought by him next Monday ?
  • Can the work be done by her alone ?




Jadi, Pasif Voice adalah kalimat yang subject-nya dikenai suatu pekerjaan atau menderita suatu.  Dan subject dari kalimat tersebut menjadi sasaran kegiatan yang dinyatakan oleh kata kerja.





Rabu, 18 Maret 2015

Pengertian TOEIC & TOEFL

Berikut ini merupakan beberapa pengertian TOEIC & TOEFL dari berbagai sumber:

Ø  TOEIC

1.      TOEIC adalah kependekan dari Test of English for International Communication. Tes ini mengukur kecakapan berbahasa inggris yang digunakan dalam dunia kerja secara umum. Artinya, TOEIC  tidak menuntut  kemampuan khusus atau kosakata selain yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Tes ini  biasanya diambil untuk kebutuhan kenaikan jabatan/promosi, orang yang bekerja  dalam dunia international, atau  seseorang  yang akan melamar pekerjaan.
Sumber: Rahmasari Gartika, S,S., M.Hum,  Kurnia Lis N., S, M. Hum. “Smart Way to The TOEIC”, Jakarta: Dunia Cerdas.

2.      Test of english for international communication ( TOEIC), sesuai artinya adalah tes bahasa inggris untuk komunikasi internasional. TOEIC digunakan untuk mengukur kecakapan bahasa inggris orang-orang yang bukan native speaker atau yang bahasa ibunya bukan bahasa inggris.
Sumber : T. Mulyati, Emirfan.2015. “ SUPERTRIK REBUT SKOR TINGKAT TINGGI TOEIC”.Yogyakarta:Trans Idea Publishing.

3.      TOEIC adalah tes bahasa inggris yang paling banyak digunakan untuk bahasa inggris profesional atau yang berhubungan dengan pekerjaan. TOEIC digunakan untuk menyertifikasi kemampuan bahasa inggris anda dan memperkuat profil anda.
Sumber : Fanani,S.S.,M,Pd, Achmad.2014. “ 2 IN 1 LOLOS CEPAT TOEFL & TOEIC”.Yogyakarta:Literindo.

ü  Menurut saya, TOEIC adalah tes dalam bahasa Inggris yang diikuti seseorang atau tes yang diharuskan bagi  seseorang yang ingin melamar pekerjaan ataupun karena adanya kenaikan jabatan. Tes ini bertujuan guna mengukur kemampuan kecakapannya dalam bahasa Inggris yang dapat digunakan dalam kegiatan berkomunikasi sehari-hari dan dapat juga menjadi penunjang dalam pekerjaannya.


Ø  TOEFL

1. TOEFL merupakan proficiency test, yaitu test yang  digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa inggris seseorang tanpa dikaitkan langsung dengan proses belajar mengajar.
     Sumber: Gregory William, Ghani Abdul.2015. “Active Cheat For Perfect TOEFL 677”.Tangerang:Lembar Pustaka Indonesia.
2. Test of english as a foreign language atau TOEFL merupakan tes standar bahasa inggris yang  bertujuan untuk mneguji kemampuan seseorang dalam berbahasa inggris sebagai bahasa asing. Tes ini sering digunakan dalam berbagai kepentingan, misalnya dalam berbagai instansi dan universitas sebagai syarat karyawan atau universitas memasuki instansi atau universitas bersangkutan.
Sumber :  Yuniawati,S.S,Yeni dan Nur Fajriyah,S.S.2014. “MASTERING TOEFL(TOEFL PREPARATION)”.Yogyakarta:Quantum ilmu.
3. TOEFL  merupakan singkatan dari Test Of English as a Foreign Language. TOEFL adalah  standardisasi kemampuan bahasa inggris seseorang secara tertulia (de jure) yang meliputi aspek penguasaan: listening, writing dan reading. Sistem penilaian TOEFL menggunakan konversi dari setiap jawaban yang benar. Nilai TOEFL tertinggi yang bisa dicapai seseorang adalah 675. Sumber: http://anggiliia.blogspot.com/2015/03/tugas-softskill-toefl.html


ü  Menurut saya, TOEFL adalah salah satu model tes yang menguji dan mengukur tingkat kemampuan seseorang dalam bahasa inggris sebagai bahasa asing dalam kegiatannya sehari-hari. Dan tes ini digunakan dalam berbagai kegiatannya baik dalam instansi untuk salah satu syarat lamaran pekerjaan dan di universitas dapat sebagai syarat untuk dapat masuk ke Universitas tersebut.

Senin, 22 Desember 2014

Proposal "Seminar Bahaya Narkoba Bagi Kaum Remaja"

.  Latar belakang
Kegiatan Seminar “Bahaya Narkoba Bagi Kaum Remaja” ini kami selenggarakan guna memperbaiki moral remaja masa kini untuk tidak mengkonsumsi narkoba agar dapat menjadi penerus bangsa yang berakhlak mulia. Memang penyalahgunaan narkoba bukan merupakan persoalan yang baru, masalah ini sejak lama. Dan dapat menghancurkan sendi-sendi kehidupan individu, keluarga dan masyarakat. Narkoba  telah nyata menurunkan derajat kemanusiaan seseorang yang menggunakannya, merusak kehidupan keluarga, mengganggu ketertiban masyarakat, dan mengancam kehancuran Negara. Generasi muda kita, utamanya remaja merupakan sasaran empuk dalam penyebaran narkoba, karena usia remaja memiliki karakteristik yang rentan terkena narkoba. Salah satunya remaja sangat mudah dipengaruhi kawan, rasa ingin tahu dan ingin coba-coba itulah yang bisa mendorong mereka terjerumus dan terjebak oleh Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif (NAPZA). Oleh karena itu, sekiranya remaja kita diberi pengetahuan sedini mungkin tentang bahaya narkoba. Selain itu, kegiatan ini kami selenggarakan karena ingin memberikan penjelasan dan pemahaman bagi para remaja akan bahaya narkoba, serta untuk memperkuat moral dan kepribadian yang dimiliki para remaja.


 Tujuan kegiatan
          Kegiatan “Seminar Bahaya Narkoba Bagi Kaum Remaja” yang akan dilaksanakan bertujuan sebagi berikut :
a.  Membimbing remaja masa kini dan yang akan datang agar berakhlak mulia.
b.  Agar peserta seminar dapat lebih memahami tentang bahaya penularan  HIV / AIDS, dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh penggunaan narkoba.
c.  Memberikan pembimbingan untuk merubah masa depan bangsa dan negara yang lebih baik.
d.  Memperkuat mental para remaja untuk menghadapi dampak globalisasi, terutama masalah narkoba.
e.   Mempererat tari persaudaraan antar remaja yang mengikuti seminar.





Sabtu, 15 November 2014

Mitos Yang Berkembang di Masyarakat

Diabetes: Antara Mitos, Salah Paham dan Kebenaran

"Diabetes itu penyakit keturunan", "Diabetes itu ada jenis kering dan basah", "Kalau kena diabetes, bagus makan kentang atau keladi / ketela / ubi, nggak boleh makan nasi". Itulah sebagian mitos dan salah paham yang hidup dalam masyarakat Indonesia. Penyakit kencing manis atau Diabetes Mellitus (DM) sudah sangat dikenal oleh masyarakat kita. Banyak di antara kita atau anggota keluarga besar kita yang mengidap penyakit ini. Menurut data yang dikeluarkan oleh IDF (International Diabetes Federation) tahun 2012, jumlah penderita diabetes di Indonesia menduduki rangking ke-7 dunia.

Sepuluh negara terbanyak jumlah penderita diabetes (umur 20-79 tahun), tahun 2012:
  1. China 92,3 jt
  2. India 63 jt
  3. USA 24,1 jt
  4. Brazil 13,4 jt
  5. Federasi Rusia 12,7 jt
  6. Meksiko 10,6 jt
  7. Indonesia 7,6 jt
  8. Mesir 7,5 jt
  9. Jepang 7,1 jt
  10. Pakistan 6,6 jt

Jumlah penderita diabetes yang terus meningkat di semua negara (termasuk Indonesia) menjadikan penyakit ini sebagai ancaman global, sehingga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 2007 mengeluarkan resolusi yang menetapkan tanggal 14 November sebagai Hari Diabetes Sedunia, untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran masyarakat Internasional terhadap diabetes. Data dari IDF juga mengungkapkan, pada tahun 2012 diperkirakan ada lebih dari 371 juta penderita diabetes di seluruh dunia. Itupun dengan kenyataan bahwa sekitar 50% dari seluruh penderita diabetes tidak terdeteksi atau tidak mengetahui bahwa mereka menderita diabetes. Sayangnya, walaupun penyakit ini sudah tidak asing bagi masyarakat kita, sampai sekarang masih ada begitu banyak kesalah pahaman dan mitos tentang diabetes yang diwariskan turun-temurun dan hidup dalam masyarakat kita. Mitos dan kesalah pahaman itu sungguh sangat merugikan kita, karena membuat masyarakat kita menjadi lalai dan salah dalam hal pencegahan, perawatan dan pengobatan diabetes.

Berikut ini adalah bermacam-macam mitos dan salah paham tentang diabetes yang berkembang dalam masyarakat kita, dan penjelasan atau "klarifikasi" dunia medis terhadap salah paham yang ada.

Mitos Nomor 1: Diabetes adalah penyakit keturunan?
            Bukan. Lebih dari 95% kasus diabetes bukan penyakit keturunan, tapi disebabkan oleh kelebihan konsumsi atau asupan karbohidrat, lalu terjadi kekurangan atau kejenuhan insulin, dan akibatnya timbul kelebihan kadar gula darah. Diabetes yang kita kenal atau jumpai sehari-hari adalah Diabetes Tipe II yang disebabkan oleh kekurangan insulin atau kejenuhan insulin ("resistensi insulin"). Hanya sebagian kecil (kurang dari 5%) kasus diabetes disebabkan kelainan genetik (DM Tipe I).
Dalam kenyataannya, banyak penderita diabetes yang memiliki orangtua diabetes. Bukankah ini adalah bukti bahwa diabetes adalah penyakit keturunan? Bukan, lebih dari 95% penderita diabetes tidak mewarisi penyakit ini dari orangtuanya, tapi mewarisi atau meniru kebiasaan makan orangtua yang salah, yang berlebihan manis dan karbohidrat. Kebiasaan ini berlangsung bertahun-tahun atau berpuluh-puluh tahun, menguras habis cadangan insulinnya, kemudian menimbulkan diabetes. Memang benar jika orangtua diabetes, resiko anak menderita diabetes menjadi tinggi tetapi bukan karena penyakitnya diturunkan, tapi karena pola dan kebiasaan makan yang salah itu yang ditiru oleh anak.

Mitos nomor 2: Ayah mewariskan diabetes kepada anak perempuan, ibu mewariskan kepada anak laki-laki?
            Tidak benar. Jika salah satu ataupun kedua orangtua menderita diabetes, tidak berarti anak-anaknya harus ikut menderita diabetes. Seperti telah dijelaskan di atas, >95% penderita diabetes mendapat penyakit ini karena kelebihan asupan (intake) gula dan karbohidrat.             Jadi tidak benar ada pewarisan silang seperti mitos selama ini.

Mitos Nomor 3: Diabetes ada 2 jenis: kering dan basah?
            Entah siapa yang memulai, entah provinsi mana yang memulai, tapi di negara kita dari Sabang sampai Merauke, sangat banyak orang terlanjur mempercayai "teori" ini. Menurut mitos ini, ada dua jenis diabetes yaitu gula kering dan gula basah. Masih menurut teori ini, "Jenis yang basah akan mengalami infeksi, luka dan pembusukan di kaki, dan akan berakhir dengan amputasi (pemotongan) kaki. Jenis yang kering lebih aman, tidak akan mengalami pembusukan kaki".
Mitos ini sangat menyesatkan. Penderita diabetes yang kadar gula darahnya terlalu tinggi untuk jangka waktu tertentu, bisa mengalami infeksi dan pembusukan spontan di kaki atau bahkan di bagian lain tubuh. Jadi, luka dan pembusukan kaki pada penderita diabetes disebabkan oleh kadar gula darah yang terus-menerus tinggi, dan hal ini bisa terjadi pada semua penderita diabetes. Jadi, tidak ada penggolongan diabetes kering atau diabetes basah.

Mitos Nomor 4: Diabetes hanya diderita oleh orang berusia 40 tahun ke atas?
            Tidak benar. Diabetes bisa diderita mulai dari usia remaja sampai usia lanjut. Memang sebagian besar kasus diabetes terdeteksi di usia 40an ke atas, tapi tidak berarti diabetes hanya bisa terjadi di usia lanjut. Seperti telah dijelaskan di atas, diabetes (DM Tipe II) terjadi jika insulin seseorang sudah habis atau hampir habis, atau sudah resisten (jenuh) terhadap gula darah.

Mitos Nomor 5: "Saya tidak suka minum atau makan manis, mengapa bisa kena diabetes?"
            Banyak sekali penderita yang ketika terdeteksi / terdiagnosa menderita diabetes, mengajukan keberatan melalui pertanyaan ini. Dan banyak sekali orang sehat yang berpikiran sama. "Kalau tidak sering minum gula, tidak mungkin kena diabetes". Gula darah adalah hasil akhir dari segala jenis karbohidrat yang kita terima. Jadi bukan hanya makanan atau minuman manis yang diolah menjadi gula darah, tapi semua makanan yang berbahan dasar karbohidrat juga diolah menjadi gula darah. Makanan pokok yang kita makan setiap hari adalah sumber utama gula darah kita. Buah-buahan dan makanan serta jajanan yang dalam proses pembuatannya menggunakan tepung apapun, otomatis ikut menyumbang gula darah.

Mitos Nomor 6: Manisnya buah-buahan tidak apa-apa?
            Mitos ini membuat banyak orang sehat dan penderita diabetes merasa tidak perlu membatasi jumlah buah-buahan yang dimakan. Semua buah-buahan mengandung gula, oleh karena itu konsumsi buah-buahan harus dibatasi, baik oleh orang non-diabetes, apalagi oleh penderita diabetes. Buah-buahan yang terasa kuat manisnya, otomatis harus dipantang bagi penderita diabetes, misalnya: durian, rambutan, lengkeng, nangka, cempedak, manggis, sirsak, nenas, duku, langsat, anggur, kurma dan sawo.

Mitos Nomor 7: Gula merah aman, tidak menaikkan gula darah?
            Tidak benar. Baik gula merah ataupun gula pasir (gula dapur) adalah gula. Perbedaannya, kandungan air dalam gula merah lebih banyak daripada gula pasir. Jadi gula merah maupun gula pasir sama kekuatannya dalam menyumbang gula darah. Penderita diabetes harus berpantang gula dapur maupun gula merah.

Mitos nomor 8: "Setiap hari saya harus minum manis, kalau tidak minum manis, kepala saya pusing. Katanya minum manis supaya tidak kena sakit kuning atau sakit liver?"
            Bagi sebagian masyarakat kita, minum teh manis dan atau kopi manis sudah menjadi kebiasaan yang mendarah daging, tidak bisa dihapus lagi. Yang menjadi masalah adalah gula pasir (gula dapur) yang ditambahkan ke dalam teh/kopi. Nasi yang kita makan walaupun tidak terasa manis di mulut, sudah cukup menjadi sumber gula untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita. Apapun jenis makanan yang mengandung karbohidrat, termasuk makanan pokok, buah-buahan, kue-kue ataupun jajanan yang mengandung tepung, permen dan cokelat, otomatis menjadi gula di dalam darah kita. Jadi, tanpa minum manis pun kita sudah pasti tetap mendapat gula melalui makanan sehari-hari.                                                                                                               Tidak ada kaitan sakit kepala dengan tidak minum manis. Tidak ada kaitan sakit liver dengan kurang minum manis. Sakit liver atau kuning disebabkan oleh virus hepatitis.

Mitos Nomor 9: Kalau saya rajin olahraga, tidak mungkin kena diabetes?
            Seperti telah dijelaskan di atas, diabetes timbul karena asupan karbohidrat yang berlebihan. Olahraga sampai berkeringat memang akan segera menurunkan kadar gula darah, tetapi bukan jaminan bahwa rajin olahraga pasti tidak menderita diabetes. Apalagi jika malas/jarang berolahraga, lebih tidak menjamin seseorang bebas dari kemungkinan menderita diabetes.

Mitos Nomor 10: Kalau luka saya cepat kering atau cepat sembuh, berarti tidak kena diabetes?
            Salah satu komplikasi yang bisa dialami oleh penderita diabetes adalah luka yang sukar sembuh atau lama mengeringnya. Tapi tidak berarti semua penderita diabetes lukanya sukar sembuh. Luka menjadi susah sembuh karena kadar gula darah terlalu tinggi. Jika kadar gula darah penderita diabetes terkontrol, lukanya bisa saja cepat sembuh. Jadi prinsip yang benar adalah: Jika luka susah sembuh, sangat mungkin diabetes, tapi luka yang cepat sembuh bukan jaminan sesorang tidak diabetes.


Tujuan Bahasa Indonesia secara khusus serta saling keterkaitannya antara fakta-faktanya

·             Tujuan Bahasa Indonesia secara khusus yaitu mampu menggnakan bahasa Indonesia secara lisan tertulis sebagai sarana mengungkapkan gagasan ilmiah.

·             Menulis berdasarkan fakta-fakta yang sudah diketahui:
            Fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia yaitu  sebagai bahasa persatuan, yang berarti bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Dalam kedudukannya, bahasa Indonesia memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai lambang kebanggaan kebangsaan, lambang identitas nasional, alat perhubungan dan sebagai alat pemersatu bangsa.
            Ragam bahasa,yaitu variasi bahasa menurut pemakaian, yang berbeda-beda menurut topik yang dibicarakan, menurut hubungan pembicara, kawan bicara, orang yang dibicarakan, serta menurut medium pembicara. Ragam bahasa yang oleh penuturnya dianggap sebagai ragam yang baik , yang biasa digunakan di kalangan terdidik, di dalam karya ilmiah (karangan teknis, perundang-undangan), di dalam suasana resmi, atau di dalam surat menyurat resmi (seperti surat dinas) disebut ragam bahasa baku atau ragam bahasa resmi. 
            Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) menurut kamus besar Bahasa Indonesi. Ejaan adalah keseluruhan peraturan bagaimana melambangkan bunyi-bunyi ujaran, bagaimana menempatkan tanda-tanda baca, bagaimana memotong-motong suatu kata, dan bagaimana menggabungkan kata-kata. Selanjutnya kita juga harus memahami bagaimana memilih pilihan kata atau diksi dalam sebuah tulisan, yaitu  pemilihan kata – kata yang sesuai dengan apa yang hendak kita ungkapkan.
            Diksi yang mencakup pengertian kata – kata mana yang harus dipakai untuk mencapai suatu gagasan, bagaimana membentuk pengelompokan kata – kata yang tepat atau menggunakan ungkapan – ungkapan, dan gaya mana yang paling baik digunakan dalam suatu situasi. Ketepatan pilihan kata bertujuan agar tidak menimbulkan interpretasi yang berlainan antara penulis atau pembicara dengan pembaca atau pendengar.
            Karena kalimat efektif adalah kalimat yang memiliki kemampuan untuk menimbulkan kembali gagasan-gagasan pada pikiran pendengar atau pembaca seperti apa yang ada pada pikiran pembicara dan penulis. Kalimat yang efektif mampu membuat isi atau maksud yang disampaikannya itu tergambar lengkap dalam pikiran si penerima (pembaca) persis seperti apa yang disampaikan.
            Paragraf, paragraf  adalah karangan yang pendek atau singkat yang berisi sebuah pikiran dan didukung kumpulan kalimat yang saling berhubungan untuk membentuk suatu gagasan. Ada juga yang mendefinisikan paragraf adalah rangkaian kalimat yang saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan pokok pembahasan. Paragraf pada umumnya terdiri atas beberapa kalimat. kalimat-kalimat itu saling berkaitan satu sama lain dan mengusung satu pokok pikiran tertentu. Paragraf juga terdiri dari unit-unit pikiran atau perasaan yang pada umumnya tersusun atas beberapa unit kalimat yang dan bertindak sebagai bagian dari unit yang lebih besar. Dan paragraf memiliki jenis-jenis, yaitu ada paragaraf pembuka, paragraf penghubung dan paragraf penutup.
        
                        Kerangka karangan, kerangka karangan yaitu rencana penulisan yang memuat garis-garis besar dari suatu karangan yang akan ditulis, dan merupakan rangkaian ide-ide yang disusun secara sistematis, logis, jelas, terstruktur, dan teratur. Kerangka karangan dibuat untuk mempermudah penulisan agar tetap terarah dan tidak keluar dari topik atau tema yang dituju. Pembuatan kerangka karangan ini sangat penting, terutama bagi penulis pemula, agar tulisan tidak kaku dan penulis tidak bingung dalam melanjutkan tulisannya. Dengan adanya kerangka karangan, penulis bisa langsung menyusun tulisannya sesuai butir-butir bahasan yang ada dalam kerangka karangannya. Kerangka karangan merupakan miniatur dari sebuah karangan. Karena kutipan merupakan salinan kaimat paragraf atau pendapat dari seorang pengarang atau ucapan orang yang terkenal karena keahliannya, baik yang terdapat dalam buku jurnal, baik yang melalui media cetak maupun elektronik. Menurut kamus besar bahasa Indonesia mengutip adalah mengambil perkataan atau kalimat dari buku atau yang lainnya.      
  Daftar pustaka adalah suatu daftar yang berisi semua sumber bacaan yang digunakan sebagai bahan acuan dalam penulisan karya ilmiah, seperti makalah, skripsi, tugas akhir, laporan dan thesis.  

         Jadi menurut saya:
Bahasa sebagai salah satu sarana komunikasi antar sesama manusia tentunya bertujuan agar dapat dimengerti oleh manusia lainnya. Meskipun berbicara dalam satu bahasa yang sama, dalam hal ini bahasa Indonesia, namun ragam bahasa yang dipakai tidaklah sama. Masing-masing kelompok menggunakan ragam bahasa yang berbeda. Pemanfaatan ragam bahasa yang tepat dan serasi menurut golongan penutur dan jenis pemakaian bahasa inilah yang disebut berbahasa yang baik. Jadi menurut saya, semua pokok materi diatas harus sangat diperhatikan apabila kita ingin membuat sebuah tulisan yang baik dan tepat. Karena semua materi tersebut saling berkaitan satu sama lain agar hasil dari tulisan kita nanti  hasilnya bagus, sebab kita  sudah menggunakan kata-kata atau kalimat yang tepat, serta menggunakan langkah-langkah tersebut dalam membuat sebuah tulisan yang baik.