BAB 4
Akuntansi Komparatif : Amerika dan Asia
Amerika Serikat dan Jepang memiliki tingkat tingkat perkembangan ekonomi yang tinggi, sementara Meksiko, Cina dan India memiliki perekonomian yang baru
muncul. Dibandingkan dengan negara lain, Amerika Serikat merupakan pusat perekonomian terbesar dan merupakan rumah bagi perusahaan-perusahaan
besar bertaraf multinasional. Jepang merupakan negara dengan perekonomian tertinggi kedua serta menjadi bisnis-bisnis terbesar di
dunia. Kedua negara tersebut merupakan pendiri Komite Standar Akuntansi Internasional,
sekarang menjadi Dewan Standar Akuntansi Internasional dan mereka juga memiliki peraturan standar
tersebut memiliki komitmen untuk memusatkan prinsip akuntansi umum berlaku
nasional.
Perbaikan sistem free-market (pasar bebas) yang terjadi pada tahun 1990-an banyak
terdapat di Amerika Latin. Perbaikan tersebut juga mnghilangkan perlindungan
terhadap impor, menerima investor asing, serta privatisasi perusahaan milik
negara. Perbaikan-perbaikan tersebut telah menjalar hingga Argentina, Cile,
Meksiko, serta Peru. Pada tahun 1994 North
American Free Trade Agreement (NAFTA) (perjanjian perdagangan bebas amerika utara) menciptakan minat baru yang
besar pada akuntansi Meksiko di Kanada, Amerika Serikat, dan negara lainnya. Akuntansi di Meksiko memiliki bentuk yang hampir serupa dengan
akuntansi di negara Amerika Latin lainnya. Alasan pemilihan terhadap Cina mungkin sudah dapat dipastikan: negara dengan
populasi terbesar di dunia. Perusahaan diseluruh dunia saling
bersaing untuk berbisnis disana. Sama juga dengan Republik Ceko, Cina juga berubah dari ekonomi terpusat jadi lebih market-oriented.
Bagaimanapun, perluasan negara tersebut dalam
merangkul perbaikan pasar cukup berbeda. Republik Ceko menganut ekonomi pasar
sosialis yang merupakan rencana ekonomi dengan adaptasi pasar. Perkembangan
akuntansi memiliki peran yang penting terhadap perubahan ekonomi Cina secara
struktural. India negara populasi terbesar kedua di dunia digambarkan sebagai
“sesuatu yang besar. Tidak ada yang dapat perusahaan yang besar
internasional lakukan tanpa strategi India.” Meksiko dan India merupakan negara kapitalis
akan tetapi dengan tekanan pemerintah pusat serta kepemilikan pemerintah terhadap
industri-industri penting. Secara sejarah, perekonomian kedua negara tersebut cenderung terutup untuk
investor asing dan persaingan internasional. Kecenderungan tersebut sudah mulai
berubah, karena pemerintah kedua negara tersebut telah memprivatisasi industri
mereka dan membuka diri terhadap ekonomi global. Sistem pembukaan finansial
mereka lebih berkembang dibandingkan dengan Cina dalam hal pengaturan standar, persyaratan dan
praktis. Pada dasarnya akuntansi di kedua negara tersebut berkembang dengan
baik, tetapi tidak secepat Cina.
Hubungan politik dan ekonomi memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap sistem akuntansi
kelima negara. Sistem akuntansi Amerika Serikat pada awalnya Britania utara
(Beserta bahasa inggris dan sistem peraturan yang berlaku). Kebanyakan akuntan
di Amerika Serikat adalah ekspratriat asal Inggris. Bagaimanapun, sebagai dari
hasil pertumbuhan ekonomi serta politik Amerika Serikat pada abad ke-20,
Pemikiran Amerika Serikat mengenai akuntansi serta laporan finansial
memengaruhi sebagian besar dunia pada saat ini. Landasan ekonomi Meksiko yang paling dekat dengan Amerika Serikat adalah
alasan mengapa memiliki akuntansi berorintasi keadilan dari pada terhadap
undang-undang negara. India merupakan salah satu negara bagian Britania Raya. Seperti Amerika Serikat, India juga mengadopsi sistem
akuntansi dari Britania Raya. Cina, efek dari dasar ekonomi dan politik cenderung lebih anti sipatoris
dari pada historikal. Untuk sistem akuntansinya yang baru, Cina mengikuti
standar IFRS dengan harapan agar dapat lebih baik dalam berhubungan dengan
investor asing yang sangat vital dalam rencana pengembangan perekonomian mereka.
Amerika Serikat
Akuntansi di Amerika Serikat diatur oleh
badan sektor khusus Dewan Standar Akuntansi Keuangan Finansial (Financial
Accounting Standard Board – FSAB), akan tetapi yang menjadi penyokong
kewenangan terhadap standarisasi mereka adalah agensi kepemerintahan Komisi
Keamanan dan Kurs (Securities and Exchange Commission – SEC).
Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi
Perusahaan di
Amerika Serikat dibentuk di bawah hukum negara, bukan hukum federal. Audit
tahunan serta persyaratan laporan keuanagan secara realistis hanya ada pada
tingkat federal saja seperti yang dispesifikasikan oleh SEC. SEC memiliki yuridiksi
terhadap perusahaan-perusahaan yang terdaftar di pertukaran stock AS serta
perusahaan yang berdagang over-the-counter. SEC memiliki kewenangan
penuh untuk menjelaskan standar akuntansi dan laporan kepada perusahaan publik
akan tetapi bergantung pada sektor swasta dalam penerapan standardisasi
tersebut. Oleh karena itu SEC merupakan agensi regulator yang independen,
kongres serta presiden tidak memiliki pengaruh secara langsung terhadap
kebijakan yang mereka buat. Sebagai bagian dari proses regulasi, SEC
mengeluarkan accounting series releases, financial reporting releases, dan
staf accounting bulletins. Pengisian tahunan yang dilakukan oleh
perusahaan-perusahaan AS dan Kanada berbentuk Form 10K, sementara bagi
perusahaan asing non-Kanada berbentuk From 20F..
FASB dibentuk pada
tahun 1973 dan pada Desember 2006 telah mengeluarkan Laporan Standar Akuntansi
Keuangan 158 (158 Statements of Financial Accounting Standards – SFASs).
Tujuan dari SFASs adalah untuk menyediakan informasi yang berguna untuk para
investor baik yang telah maupun yang berpotensi menjadi investor, kreditor dan
lainnya yang memutuskan untuk mengambil kredit, investasi dan sebagainya. FASB
memiliki 7 anggota penuh, perwakilan akuntansi firma, akademisi, perusahaan,
dan komunitas investor. Penggunaan kerangka berfikir oleh FASB merupakan
gambaran pengaturan standarisasi yang cukup signifikan di Amerika. Konsep
Laporan Akuntansi Keuangan seterusnya menjadi fundamental sebagai standar dasar
akuntansi keuangan dan laporan. Prinsip akuntansi yang umum berlaku (Generally
Accepted Accounting Principle – GAAP) terdiri atas seluruh standar
akuntansi keuangan, peraturan dan regulasi yang harus dipatuhi dalam
mempesiapkan laporan keuangan. SFASs merupakan komponen utama dari GAAP.
Pada tahun 1991,
FASB mengembangkan strategi rencana pertama untuk aktivitas internasional. Pada
tahun 1994, FASB menambahkan promosi mengenai perbandingan internasional dalam
pernyataan misinya. FASB merupakan anggota internasional yang kooperatif,
berkomitmen untuk fokus pada GAAP AS dan IFRS. Pada tahun 2002, FASB dan IASB
membentuk komitmen mereka untuk menghilangkan tujuan dengan menandatangani yang
disebut Norwalk Agreement. Dengan persetujuan tersebut, kedua dewan
berjanji untuk menghilangkan perbedaan yang muncul antara standarisasi mereka
serta mengoordinasikan agenda pengaturan standarisasi sehingga permasalahan
utama yang mucul dapat diselesaikan bersama.
Sarbanes-Oxley Act
memiliki dasar hukum pada tahun 2002, yaitu memperluas persyaratan AS dalam
perusahaan pemerintah, penjelasan dan laporan, serta regulasi audit profesi.
Diantaranya pembentukan PCAOB yaitu sebuah organisasi non-profit yang diawasi
langsung oleh SEC. PCAOB memiliki tanggung jawab, sbb:
· Menetapkan audit, pengendalian kualitas, etika, kemandirian dan
standarisasi lainnya yang berhubungan dengan persiapan untuk laporan audit
perusahaan.
· Mengawasi subjek audit perusahaan publik terhadap keamanan hukum.
· Memeriksa akuntansi firma publik.
· Mendukung akuntansi firma publik.
Laporan
Keuangan
Tipe laporan
keuangan tahunan pada perusahaan besar di AS memeiliki beberapa komponen di
bawah ini:
1.
Laporan
manajemen.
2.
Laporan auditor
independen.
3.
Laporan
keuangan primer.
4.
Diskusi
manajemen & analisis hasil operasional dan kondisi keuangan.
5.
Penjelasan
mengenai kebijakan akuntansi.
6.
Catatan atas
laporan keuanagan.
7.
Perbandingan
data keuangan selama 5/10 tahun.
8.
Data triwulan
terpilih.
Patokan
Akuntansi
Peraturan
patokan akuntansi di Amerika Serikat berasumsi bahwa kesatuan bisnis akan terus
berlangsung jika terus diperhatikan. Penggabungan bisnis harus dihitung seperti
sebuah pembelian. Goodwill dikapitalisasikan sebagai selisih antara harga
pasar yang dipertimbangkan dalam pertukaran dengan harga pasar di bawah aset
bersih yang diperoleh. Amerika Serikat bergantung pada harga perolehan untuk
menilai aset berwujud dan aset tidak berwujud. Penyesuaian nilai mata uang
hanya diperbolehkan setelah ada penggabungan bisnis. Metode akselerasi/ straight
line keduanya diperbolehkan. LIFO, FIFO dan metode rata-rata diperbolehkan
dan telah digunakan secara luas unruk penetapan harga persediaan. LIFO
digunakan untuk tujuan pajak penghasilan federal dan juga harus untuk tujuan
pelaporan keuangan. Surat-surat berharga
yang dapat dipasarkan memiliki nilai di pasar jika surat-surat tersebut
termasuk dalam held to maturity dan dinilai pada harga perolehan.
Meksiko
Sebelum penaklukan Spanyol pada
tahun 1500-an, Meksiko merupakan rumah bagi bermacam kebudayaan, termasuk Olmec,
Maya, Toltec, dan Aztec. Hernando Cortes menaklukan Meksiko pada
tahun 1521 serta menemukan koloni Spanyol yang telah ada selama 300 tahun.
Meksiko mendeklarasikan kemerdekaannya pada tahun 1810, dan diakui merdeka oleh
Spanyol melalui perjanjian pada tahun1821. Selain masa kedamaian selama 30
tahun di bawah kepemimpinan Porfirio Diaz (1877-1880 dan 1884-1911); Meksiko
mengalami konflik politik dan militer hingga tahun 1929, yang sekarang dikenal
sebagai awal pembentukan Institutional Revonlutionary Party (PRI). PRI
terus memegang pemerintahan Spanyol selama 70 tahun. Pemilihan presiden tahun
2000 dimenangkan oleh National Action Party (PAN), sebuah partai oposisi
yang mengakhiri supremasi PRI dalam politik Meksiko.
Meksiko memiliki free-market
ekonomi yang besar: perusahaan milik pemerintah atau yang dikontrol perusahaan
menguasai industri perminyakan dan sarana umum, sedangkan perusahaan swasta
mendominasi pabrik, konstruksi, tambang, hiburan, serta industry pelayanan. Perekonomian
free-market mulai membaik selama 1990-an yang membantu mengurangi
inflasi, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, serta membawa dasar ekonomi yang
lebih baik. Perbaikan tersebut juga termasuk merombak proteksi terhadap
perdagangan, membuka investasi asing, serta menetujui perjanjian dagang
regional. Perjanjian yang paling penting bagi Meksiko adalah North American
Free Trade Management (NAFTA), yang ditandatangani juga oleh Kanada dan
Amerika Serikat pada tahun 1994. Hampir 60 persen untuk perdagangan impor dan
90 persen untuk ekspor Meksiko berasal dari Amerika Serikat. Meksiko merupakan
negara dengan perekonomian terbesar kedua belas (dalam hal produk domestic
bruto).
Sebagai pendiri International
Accounting Standards Committee (sekarang menjadi International Accounting
Standards Board), Meksiko juga berkomitmen untuk bekerja sama dengan IFRS.
Sekarang Meksiko merunut pada IASB sebagai panduan dalam menyelesaikan
permasalahan akuntansi yang muncul, terutama dalam kasus di mana tidak
tercantum dalam standarisasi Meksiko.
Regulasi dan pelaksanaan Akuntansi
Mexican Commercial Code dan hukum pendapatan pajak mengandung persyaratan untuk menjaga
kumpulan data pembukuan tertentu dan mempersiapakan laporan keuangan, akan
tetapi pengaruh meraka terhadap laporan keuangan secara umum tidaklah besar.
Standarisasi akuntansi dikeluarkan oleh Council for Research and Development of
Financial Information Standards (Consejo Mexicano para la Investigacion y
Desarrollo de normas de Informacion Financiera-CINIF). CINIF adalah rekanan
terencana pada sektor publik (swasta) setelah Financial Accounting Standards
Board dari AS dan International Accounting Standards Board. Secara spesifik,
mereka bertujuan untuk menyatukan GAAP Meksiko dengan IFRS.
Walaupun sistem yang legal
berdasarkan pada hukum publik, pengaturan standarisasi akuntansi di Meksiko
menggunakan pendekatan sistem Inggris-Amerika, atau Anglo-Saxon,
daripada pendekatan Eropa continental. Proses pengaturan standarisasinya
berkembang dengan baik. Sebelum standarisasinya diputuskan, dokumen yang diajukan
ditampilkan untuk dikaji ulang dan diberi tanggapan oleh publik. Standar
akuntansi dianggap berwenang oleh pemerintah, dan diakui secara khusus oleh
National Banking and Securities Commission yang meregulasikan Mexican Stock
Exchange. Prinsip akuntansi Meksiko tidak membedakan antara perusahaan besar
dan kecil, serta dapat diaplikasikan di semua bidang bisnis.
Persyaratan yang dibutuhkan untuk
mempersiapkan laporan keuangan dan audit berbeda-beda, bergantung pada tipe dan
ukuran perusahaan. Semua perusahaan yang berada di bawah hukum Meksiko (sociedades
anonimas) harus menunjuk minimal satu auditor berwenang untuk melapor pada
para pemegang saham terkait laporan keuangan tahunan. Auditor yang berwenang
tidah harus seorang akuntan publik, akan tetapi saat sebuah firma menggunakan
auditor independen, anggota tim audit firma tersebut berlaku sebagai auditor
pula. Perusahaan atau usaha gabungan yang telah memenuhi persyaratan harus
memeriksa juga laporan pajaknya setiap tahun dengan Departemen Audit Pajak
Federal dari Kementrian Keuangan (Federal Tax Audit Departement of the Ministry
Finance). Laporan tersebut sudah termasuk laporan keuangan yang telah
diaudit, jadwal tambahan, serta laporan
auditor yang menyatakan tidak adanya permasalah mengenai perpajakan selama
pemerikasaan. Audit semacam ini harus dilakukan oleh akuntan publik dari
Meksiko. Tahap akhir, perusahaan yang telah terdaftar dalam Mexican Stock
Exchange harus melaporkan pula laporan keuangan gabungan yang diaudit oleh
akuntan publik dari Meksiko, baik pada Mexican Stock Exchange maupun National
Banking and Securities Commission.
Laporan Keuangan
Tahun fiskal prusahaan di Meksiko
harus bersamaan dengan kalender tahunan. Perbandingan laporan keuangan gabungan
yang harus disiapakan antara lain:
1. Neraca
2. Laporan laba rugi
3. Laporan perubahan ekuitas pemegang
saham
4. Laporan perubahan posisi keuangan
5. Catatan
Laporan keuangan harus disesuaikan
terhadap
inflasi. Efek penyesuaian tersebut ditunjukkan pada laporan perubahan ekuitas
pemegang saham yang sama dengan laporan arus kas serta terbagi ke dalam
aktivitas operasional, investasi, dan keuangan. Bagaimanapun, karena disiapkan
dalam nilai peso yang tetap, jumlah hasil tidak akan merepresentansikan arus
kas yang dimengerti berdasarkan akuntansi harga perolehan.
Patokan Akuntansi
Laporan keuangan gabungan disiapkan
saat induk perusahaan mengontrol perusahaan lainnya. Kontrol diindikasikan oleh kemampuan
untuk memutuskan operasional dan kebijakan perusahaan. Kontrol biasanya
dimiliki saat lebih dari 50 persen saham biasa dimiliki, akan tetapi bisa juga
didapatkan dengan cara lain, termasuk juga kemampuan dalam memilih manajer atau
dewan direksi secara umum. Metode ekuitas digunakan saat terdapat pengaruh tetapi
bukan control, biasanya hal tersebut berarti memiliki 10 dari 50 persen. Proyek
gabungan mungkin proprosional jika digabungkan atau dibukukan karena
menggunakan metode ekuitas. Meksiko telah mengadaptasi International
Accounting Standard No. 21 penyesuaian pertukaran mata uang asing.
Metode pembelian digunakan untuk
menghitung bisnis gabungan. Goodwill merupakan kelebihan harga pembelian terhadap
nilai sekarang asset bersih yang didapatkan. Hal tersebut tidak diamortisasi,
tetapi
merupakan subjek untuk melakukan pengujian penurunan nilai.
Akuntansi tingkat harga umum telah
digunakan di Meksiko. Harga perolehan dari aset non moneter disajikan ulang
dalam peso terhadap kekuatan pembelian saat ini dengan menggunakan faktor yang
diturunkan dari National Consumer Price Index (NCPI). Komponen atas
ekuitas saham juga disajikan ulang menggunakan NCPI. Keuntungan atas kerugian
yang didapatkan karena menahan aset moneter dan utang dimasukkan sebagai
pendapatan periode berjalan, akan tetapi pengaruh penyajian ulang tersebut
adalah pada ekuitas pemegang saham. Aset berwujud akan didepresiasi berdasarkan
masa manfaat/kegunaannya. Aset tidak berwujud diamortisasi berdasarkan masa
manfaatnya (biasanya tidak lebih dari 20 tahun) kecuali manfaatnya tidak
terbatas.
Biaya penelitian dibebankan saat
terjadinya, sementara biaya pengembangan dikapitalisasi dan diamortisasi saat
kemungkinan teknologi hadir. Sewa guna usaha termasuk ke dalam financial
lease atau operational lease. Pembiayaan sewa mereka yang
mentransfer seluruh keuangan
dari risiko kepemilikan aset adalah dikapitalisasi, sementara pinjaman dari
sewa operasional akan muncul sebagai biaya pada laporan laba rugi. Kerugian
bersyarat diakui
ketika mungkin terjadi dan dapat diukur. Cadangan tak terduga tidak dapat diterima
oleh GAAP Meksiko. Pajak tangguhan disediakan dengan menggunakan metode
kewajiban. Biaya pensiun pegawai, premi pegawai senior, serta biaya PHK akan
dicadangkan ketika berdasarkan perhitungan/kalkulasi dari aktuaria. Cadangan
yang berhak dibuat dengan mengalokasikan 5 persen pemasukan tiap tahun hingga
cadangan setara dengan 20 persen dari nilai modal saham yang beredar.
Sumber: Choi, Frederick D.S. dan Meek. Gary K. 2010.
International Accounting (Akuntansi Internasional). Buku 1 Edisi 6. Salemba
Empat. Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar