5 Pemasaran
1. Pengertian Pemasaran
Pasar merupakan bagian terpenting
yang berhubungan dengan pasar, karena pasar yang ada sekarang merupakan pasar
pembeli dimana terjadinya transaksi jual beli. Pada dasarnya fungsi pemasaran
pemasaran itu merupakan suatu proses kegiatan yang tidak sederhana dari barang
sebelum produksi sampai bagaimana supaya samapai di tanagn konsumen yang dapat
menghasilkan laba perusahaan atau paling tidak sampai pada kembalinya modal
perusahaan.
Di bawah ini
pengertian dari beberapa ahli pemasaran:
I.
William J
Stanton
Pemasaran adalah keseluruhan
intern yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan usaha yang bertujuan untuk
merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang &
jasa yang akan memuaskan kebutuhan pembeli yang ada maupun pembeli yang
potensial.
II.
Philip dan
Duncan
Pemasaran meliputi semua langkah
yang digunakan / diperluksn untuk menempatkan barang-barang berwujud kepada
konsumen.
III.
American
Marketing Association
Pemasaran meliputi pelaksanaan
kegiatan usaha niaga yang diarahkan pada arus aliran barang & jasa dari
produsen ke konsumen.
Fungsi Pemasaran:
Ø Untuk memberiakan informasi tentang produk
yang di jual perusahaan.
Ø Untuk mempengaruhi keputusan membeli
konsumen.
Ø Untuk menciptakan nilai ekonomis suatu
barang.
1.1 Hubungan pemasaran dan pasar
Pemasaran
merupakan proses kegiatan dari produsen ke kotangan konsumen.
Semua tujuan tersebut berhubungan
dengan pasar dimana produsen yang menawarkan barang akan bertemu dengan
konsumen yang membutuhkan. Disinilah letak kegiatan pemasaran dilakukuan &
kegiatan pemasaran tersebut mencangkup strategi-strategi pemasaran perusahaan
yang baik, cara-cara yang dilakukan perusahaan maupun saat kapan kegiatan
tersebut dilakukan.
Jadi, hubungan antara pemasaran
& pasar sangat erat, karena pasar merupakan tempat terjadinya transaksi
jual beli, sedangkan pemasaran merupakan kegiatan bagaimana agar produksi
terjual & dapat memuaskan keinginan pembeli sehingga pembeli akan membeli
produk yang sama setelahmerasa cocok dan puas akan produk yang bersangkutan.
1 .2. Bagaimana mempelajati
pemasaran?
·
Pendekatan
serba fungsi
·
Pendekatan
serba lembaga
·
Pendekatan
serba barang
·
Pendekatan
serba manajemen
·
Pendekatan
serba sistem
A.
Pendekatan
serba fungsi
Pendekatan serba fungsi mempelajaripemasaran
dilihat dari apa saja kegiatan pokok pemasaran yang dilakukan. Adapun kegiatan
pokok pemasaran adalah:
1. Pembelian
2. Pengangkutan
3. Penjualan
4. Penyimpanan
5. Pembelanjaan
6. Penanggungan resiko
7. Standarisasidan grading
8. Pengumpulan informasi pasar.
B.
Pendekatan
serba lembaga
Pendekatan serba lembaga mempelajari fungsi
pemasaran dilihat dari segi organisasi/lembaga yang terlibat dalam kegiatan
pemasaran:
Ø
Produsen
sebagai penghasil barang
Ø
Supplier
sebagai penyedia bahan baku
Ø
perantara
dagang
Ø
Perusahaan
saingan
Ø
Konsumen,
dan sebagainya
C.
Pendekatan
serba barang
Pendekatan serba barang adalah suatu
pendekatan pada pemasaran yang melibatkan studi tentang bagaimana barang-barang
tertentu berpindah tangan dari tangan produsen ke tangan konsumen akhir/ konsumen industri.
D.
Pendekatan
serba manajemen
Pendekatan serba manajemen mempelajari
pemasaran dilihat dari pendapat manajer serta keputusan yang di ambil.
E.
Pendekatan
serba sistem
Pendekatan serba sistem menyangkut
elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran termasuk pendekatan serba
fungsi, manajemen produk dan lembaga.
1.3.
Kegiatan Utama Pemasaran
Adalah
suatu perangkat perusahaan yang terdiri dari 4 variabel yaitu produk, struktur
harga, kegiatan promosi dan saluran distribusi dengan tujuan untuk menentukan
tingkat keberhasilan pemasaran perusahaan.
1.3.1. Produk
Dalam membahas apa itu produk
sebagai salah satu dari keempat variabel marketing mix akan kita bagi menjadi 3
bagian:
·
Pemilihan
produk
Lima tahap siklus kehidupan
barang:
ü
Tahap
perkenalan
ü
Tahap
pertumbuhan
ü
Tahap
kedewasaan
ü
Tahap
kejenuhan
ü
Tahap penurunan.
·
Pembungkus
barang
Hal-hal yang perlu diperhatikan
dalan pembungkusan, yaitu:
ü
Bungkus yang
menghasilkan hasrat untuk membeli.
ü
Bungkus yang
mudah diingat.
ü
Bungkus yang
tidak menambah harga jual, sehingga tidak bersaing dengan produk sejenis lain.
ü
Bungkus di
desain agar dapat menjaga mutu barang.
·
Merk barang
Merk baik yang dinyatakan dengan
kata-kata saja atau diserta dengan gambar tertentu.
1.3.2. Harga
Harga
dapat dipandang dari 2 sudut:
Ø
Kalau
dipandang dari sudut konsumen, harga memegang peranan penting terutama kalau
menyangkut sejumlah barang tertentu yang mutunya tidak jauh berbeda.
Ø
Kalau
dilihat dari sudut pengusaha, harga berkaitan erat dengan ongkos produksi
maupun target laba yang diharapkan.
2. Penawaran dan Permintaan
Permintaan adalah suatu jumlah
barang yang di beli pada tingkat harga tertentu & cenderung lebih rendah
dari yang ditawarkan sehingga semakin banyak barang yang dibeli atau diminta
terjadi karena semakin rendahnya tingkat harga yang terjadi.
Penawaran adalah sejumlah arang
yang ditawarkan oleh penjual pada tingkat harga tertentu dimana pada
umumnyatinggi sehingga barang yang ditawarkan juga semakin banyak.
3. Daya beli dan urutan kepentingan pembeli barang
Daya beli merupakan kemampuan pembeli yang benar-benar menciptakan
pasar potensial, maksudnya disamping pembeli berkeinginan membeli mereka juga
diikuti dengan tindakan membeli.
4. Elastisitas permintaan
Sifat permintaan barang dikatakan elastis kalau harga barang
berubah sedikit saja akan mengakibatkan perubahan volume penjualan lebih besar.
5. Peraturan dan pengawasan pemerintah
Peraturan dan pengawasan oemerintah ini dilakukan untuk bertujuan
menyeimbangkan /mengontrol situasi perekonomian jangan sampai lesu. Cara yang
biasa dilakukan pemerintah adalah menentukan harga maksimun – minimum maupun
diskriminasi harga.
Politik penetapan harga
Politik penetapan harga
dilakukan untuk merangsang dan menarik pembeli agar membeli barang yang
ditawakan perusahaan. Politik penetapan harga dibagi menjadi 3, yaitu:
ü Penetapan harga
psikologis (Odd Pricing)
Menetapakn harga yang ganjil yang sebenarnya secara psikologis
menarik pembeli karena harga kelihatannya murah pada hasil sebenarnya hanya
selisih yang sedikit sekali.
ü Price
Linning
Seperti di atasbaik Odd Pricing maupun Price linning biasa
dilakukan para pedagang eceran yaitu dengan cara menjual produksi sejenis
dengan berbagai merk yang berbeda & harga yang di kelompok-kelimpokkan.
ü Potingan
harga
Adalah pengurangan dari harga yang ada & dinyatakan dalam
bentuk secara tunai.
1.3.3 Saluran Distribusi Pemasaran
1. Pengertian saluran distribusi
Saluran distribusi
adalah saluran yang dipakai oleh produsen untuk menyalurkan barang hasil
produksinya kepada konsumen, baik sampai berpindahnya hak sampai pemindahan
barang maupun hanya pemindahan hak kepemilikan saja.
Pemilihan saluran distribusi harus mempertimbangkan hal-hal
sebagai berikut:
Ø
Sifat pembeli
Ø
Sifat produk
Ø
Sifat perantara
Ø
Sifat pesaing
Ø
Sifat perusahaan dan sebagainya.
2. Beberapa alternatif pemilihan saluran distribusi
Unsur-unsur yang mempengaruhipemilihan saluran distribusi, yaitu:
ü Tipe perantara
Perantara dalam kenyataanya juga melakukanbeberapa macam fungsi
pemasaran serta penyimpanan, pengangkutan, penjualan, pembeliaan dan
sebagainya.
Perantara kedua adalah pengecer. Kalau digambarkan saluran
distribusinya adalah srbagai berikut:
Pabrik è Pedagang besar è Pengecer è Kons. akhir
Perantara yang ketiga adalah agen. Kalau digambarkansebagai
berikut:
penerbit è Agen è Pembeli (
kons. akhir )
ü Jumlah
perantara
3 jenis kebijakan alternatif pemakaian saluran distribusi, yaitu:
i.
Distribusi Intensif
ii.
Distribusi selektif
iii.
Distribusi eksklusif
1.3.4. Promosi
1. Pengertian
Promosi adalah arus
informasi satu arah yang dapat mengarahkan organisasi atau seseorang untuk
menciptakan transaksi antara pembeli & penjual.
Dalam promosi terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan, yaitu:
Ø Periklanan
Ø Personel
selling
Ø Promosi
penjualan
Ø Publisitas
& humas
2. Pasar
2.1. Macam – macam pasar:
·
Pasar barang konsumen
Barang konsumen dilihat dari kebiasaan membeli:
Ø Barang
convinience: Barang yang murah & pemakaiannya mudah & praktis serta
menjadi barang mutkak yang harus terpenuhi.
Ø Barng
shopping : Barang yang dibutuhkan
tetapi tidaj selalu tersedia di tempat sehingga harus mencari lebih dahulu.
Ø Barang
spesial : Barang yang unik dan
mempunyai ciri khas & tempat penjualan tertentu juga sehingga untuk
mencapai tempatnya perlu mengorbanka waktu & uang yag cukup banyak.
·
Pasar barang industri
Pasar barang industri adalah individu/ lembaga-lembaga maupun
organisasi yang membeli barang di pasar untuk di proses lagi ,emjadi barang
jadi kemudian dijual kembali.
·
Pasar penjualan
Suatu pasar terdiri atas individu-individu & organisasi yamg
membeli barang-barang dengan maksud
untuk menjual lagi.
·
Pasar pemerintah
Pasar pemerintah adalah pasar dimana terdapat lembaga-lembaga
pemerintah seperti departeman, kantor dinas, dan sebagainya.
2.2. Peneliti Pasar
2.2.1. Pengertian & kegunaan pasar
Penelitian pasar adalah kegiatan yang berupa pengumpulan &
penganalisaan data atau fakta-fakta yang berhubungan dengan usaha penjualan
barang & jasa. Penelitian pasar mempunyai 2 kegiatan, yaitu: Pengumpulan
data & penganalisaan data.
Penelitian pasar mempubyai peranan yang sangat penting karena
menjadi dasar dalam pengambilan keputusan perusahaan dimasa yang akan datang.
2.2.2. Tahap-tahap dalam penelitian pasar
Langkah-langkah penelitian pasar dikelompokkan menjadi 3, yaitu:
ü Tahap
persiapan penelitian
ü Tahap
pelaksanaan penelitian
ü Tahap
penyelesaian data.
Kesimpulan:
Pemasaran
merupakan hal atau bagian terpenting dalam sebuah perusahaan untuk mencapai
tujuan yang telah direncanakan sebelumnya, yaitu untuk memperoleh laba/
keuntungan yang besar. Oleh karena itu, kita harus bisa menarik perhatian
konsumen, agar konsumen tertarik untuk membeli produk yang telah kita produksi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar